Tips Latihan Untuk Penderita Osteoporosis Dari Susu HiLo

4 03 2008

Banyak issue beredar kalo penderita osteoporosis itu ga boleh melakukan latihan. Ternyata hal itu salah loh. Ada artikel di website susu HiLo (http://www.hilo.co.id/bonesologi2.html) yang memberikan tips-tips latihan bagi para penderita osteoporosis. Latihan-latihan ini dapat berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Berikut kutipan cara latihan dari website susu Hilo:

1. Weight-Bearing Exercise
Latihan ini meliputi latihan aerobik yang melawan gaya gravitasi dengan tulang sebagai penopang berat tubuh, sebagai contoh berjalan. Manfaat dari latihan ini akan diperoleh secara efektif apabila dilakukan secara teratur, minimal 15 hingga 20 menit sebanyak 3 hingga 4 kali setiap minggunya. Jika Anda baru akan memulai latihan ini, lakukanlah dengan intensitas ringan yang semakin lama semakin ditingkatkan. Apabila berjalan terasa menyakitkan dan menyulitkan bagi Anda, cobalah melakukan latihan dengan menggunakan sepeda statis.

2. Resistance Training
Latihan ini meliputi latihan dengan menggunakan beban atau strength-training machines. Jika Anda ingin memulai latihan ini, lakukanlah dengan intensitas ringan yang ditingkatkan secara bertahap dan perlahan-lahan. Untuk mengurangi resiko cedera, lakukan latihan secara perlahan-lahan (mengangkat dan menurunkan beban secara perlahan-lahan) dan lakukan gerakan secara tepat. Jangan menambah beban lebih dari 10 % setiap minggunya karena peningkatan beban secara berlebihan dapat meningkatkan resiko terjadinya cedera. Sebaiknya, lakukan latihan setiap 3 hari sekali guna memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat.

3. Flexibility Exercise
Latihan ini meliputi latihan peregangan atau stretching. Latihan ini berfungsi untuk meningkatkan kelenturan sendi-sendi sehingga mencegah terjadinya cedera otot dan membantu memperbaiki postur tubuh. Latihan peregangan sebaiknya dilakukan pada akhir sesi latihan (setelah otot mengalami pemanasan) secara perlahan-lahan, tenang, dan disertai dengan menarik napas dalam-dalam. Hindari jenis latihan peregangan yang dapat memberikan tekanan secara berlebihan pada tulang punggung, seperti membungkuk, karena dapat meningkatkan resiko patah tulang.

Yah tentu aja semua latihan diatas sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter. Dan yang pasti untuk memperoleh hasil yang lebih baik, latihan harus dikombinasikan dengan pengobatan dan pengaturan pola makan yang sehat, seperti minum susu HiLo.


Actions

Information

One response

6 03 2008
pinKish

wah..
infonya oke juga yah
berguna bgt tuh buat aku (untuk cegah osteoporosis) sekaligus buat ortu, kakek, & nenek di rmh..
thanks yah..
kalo ada info menarik lainnya ttg kesehatan jgn lupa utk di-post lg..

thanks,
pinKish

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: